Pengenalan Type-Type Data

Ada beberapa type data dasar di java, yang mana integer, byte, shortinteger, long dan lain-lain. dalam penggunaan type data java juga mirip dengan C/C++ yang mana setiap type data yang ingin kita pakai harus di deklarasikan terlebih dahulu, berbeda dengan bahasa pemrogramman basic.

Integer (int)

Integer adalah type data angka-angka single tanpa koma. biasanya integer di gunakan ketika kita mendefinisikan nilai seperti waktu, jika kita ingin menulis rumus kecepatan yang mana kecepatan = jarak x waktu.

maka kita akan menulisnya seperti berikut ini

int kecepatan;

disini kita memperkanalkan variable kecepatan dengan type data integer sekarang kita akan mendeklarikan variabel jarak dan waktu dan memberikan nilai 10 dan 2 kepada mereka.

int jarak = 10;

int waktu = 2;

Bilangan Desimal

tetapi ketika kita berbicara masalah kecepatan biasanya kita menggunakan bilangan desimal, dimana bilangan berkoma, mungkin agak sulit menjelaskan tentang bilangan ini tanpa contoh, contoh bilangan berkoma tersebut seperti ini, 10,2. dalam pemrograman java untuk mendeklarasikan bilangan seperti ini kita menggunakan type data float atau double. sekarang contoh di dalam java.

untuk menulis bilangan desimal di java biasanya kita menggunakan double, dan fload tapi sekarang kita hanya memperkalkan double. tapi itu bukan masalah karena dalam penggunaannya mereka sama, hanya berbeda dalam ukurannya saja.

double kecepatan;

double jarak = 10.0;

dan

int waktu = 2;

sekarang kita coba membuat sebuah contoh program untuk mencari kecepatan dengan java dan sekalian memapplikasikan type-type yang telah kita jabarkan di atas:

public class Kecepatan {

public static void main(String[] args) {

int waktu;

double kecepatan, jarak = 10.0;

kecepatan = jarak / waktu;

System.out.println(“kecepatan adalah : ” + kecepatan);

}

}

pada listing program di atas kita menggunakan type-type data integer dan double untuk membuat program mencari kecepatan.

Karakter (char)

untuk mendeklarasikan karakter kita menggunakan type data char , contoh kita ingin memberikan karakter dari s, maka dalam java di perkanalkan sepertih berikut ini :

char = ‘s’;

yang penting harus di ingat ketika kita memberikan nilai kepada  karakter kita harus mengapitnya dengan tanda petik ( ‘ ‘), ya mungkin kalau anda mempunyai dasar pemrogramman di C atau C++, ini pasti bukan hal aneh karena java juga menggunakan type yang sangat sama dengan C/C++ pada pendeklarasian data.

kita hanya membahas char sampai disini, dilain waktu kita akan lebih menjelaskan tentang char tersebut.

String

Kita telah mejabarkan sedikit tentang type data untuk karakter di atas, sekarang kita ingin menjabarkan tentang String, string ini bukan turunan dasar dari java, dia ini adalah type data turunan. kenapa di sebut type data turunan karena string di buat dari type data char, lebih tepatnya multiple char.

nilai dari string selalu di apit oleh tanda petik 2, contoh:

String str = “Hallo”;

pada contoh di atas tanda petik 2 (” “) mengapit nilai dari string str yaitu Hallo. sampai disini saja perkenalan type-type di java, dilain waktu kita akan membahas lebih detil tentang type-type data ini.

semoga tulisan saya ini bisa membantu anda.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: