Pengenalan Type Type Data 2

Tulisan ini untuk melengkapi page pengenalan type-type data yg sebelumnya. Java hanya mengenal 8 jenis type-type data dasar atau type-type data primitif, di atas kita telah membahas 3 type data dasar dan satu class yaitu string untuk memudahkan kita membuat karakter(char) yang bersambung.

BILANGAN BULAT

Adalah bilangan yang sering kita temukan sehari-hari yang digunakan untuk menyata sesuatu sesuatu, seperti jumlah siswa di dalam kelas. pemrograman java sendiri mengenal  4 jenis type data untuk mendeklarasikan bilangan bulat in, di bedakan dari alokasi memori. Di bawah ini adalah jenis-jenis type bilangan bulat :

Byte(byte)

Byte ( ditulis pake huruf kecil semua) adalah type data yang di gunakan untuk bilangan bulat yang berukuran  8 bits, dimulai dari -128 sampai 127 . Jika anda mencoba untuk mendeklarasikan sebuah variable yang bertype data byte dan di beri nilai sebesar lebih besar dari 127 maka compiler java akan memberikan balikan error.

Contoh :

Jika anda mendeklarasikan sebuah variable yang x dengan type datanya adalah byte

byte x = -128;    // ini adalah cara mendeklarasikan bilangan bulat byte

anda akan mendapatkan program anda error jika anda memberikan nilai x lebih dari 128 bit ato range angka di atas, misalnya:

byte x = 128; // program anda error karena range nilai untuk type byte -128 sampai dengan 127.

Short(short)

Short (ditulis pake huruf kecil semua) adalah type data  bilangan bulat juga, tetapi  memori yang dibutuhkan lebih besar dibandingkan byte dan lebih kecil dibandingan  int, short berukuran 32 bits. Nilainya dimulai dari -32768 sampai dengan 32767.

Long(long)

Long (ditulis pake huruf kecil semua) adalah type data bilangan bulat yang paling besar, dimana kita bisa memberikan nilai sebesar 64 bits untuk data bertype long ini. Nilai yang boleh di gunakan pada type data long ini adalah -9,223,372,036,854,775,808 sampai dengan -9,223,372,036,854,775,807. Iya, nilai yang sangat besar sampai-sampai saya juga bingung hanya untuk menyebutkan nilainya secara lisan. Untuk penulisannya jangan menggunakan tanda koma. Contoh penggunaannya

long x = 65789432;   // cara mendeklarasikan yang benar

long x = 65,789,432; // cara yang salah

jika kita ingin memberikan nilai 65,789,432, kita tidak perlu menggunakan “,”(koma) atau “.”(titik) tapi di tulis saja langsung seperti pada contoh di atas.

Catatan : pada tulisan page pertama kita tidak menjelaskan range nilai dari bilangan bulat int. range untuk bilangan bulat int adalah -2,147,483,648 sampai dengan -2,147,483,647.

BILANGAN DESIMAL

Bilangan bulat adalah bilangan yang menggunakan tanda koma (“,”), bilangan ini biasanya digunakan ketika kita menghitung ukuran tanah dan membutuhkan ketelitian yang tinggi, atau ketika kita menghitung nilai rata-rata dari rapor siswa. Bahasa pemrograman java menggunakan 2 type data untuk mengjabarkan bilangan desimal ini.

Float(float)

Float (ditulis pake huruf kecil semua) digunakan untuk mendeklarasikan bilangan desimal, float berbeda dengan double, float ditandai dengan 32 bits sedangkan double 64 bits, contoh menggunakan bilangan float.

float x = 5; // cara mendeklarasikan yang benar,

Ketika kita mencetak nilai variable dengan menggunakan ‘syntax System.out.print (x)’, maka kita akan mendapatkan output 5.0.

Float  x= 5.0; // ini cara mendeklarasikan float yang salah,

Untuk mendeklarasikan bilangan 5.0 dengan float mesti seperti contoh di bawah ini

Float x = (float) 5.0; // cara mendeklarasikan float yang benar

Jika kita mencetak variable x, maka kita akan mendapatkan nilai 5.0 juga.

BILANGAN BOOLEAN

Pemrograman java juga menggunakan type data Boolean, yaitu type data yang digunakan untuk menyatakan kondisi benar(true) dan salah(false), tidak ada lagi yang dapat saya jabarkan untuk type data ini. Contoh mendeklarasikan bilangan Boolean

boolean test = true; // beginilah cara mendeklarasikan type data ini, selain true dia mempunya nilai false

jika anda membaca tulisan ini dan berpendapat bahwa tulisan ini sangat-sangat kurang saya mohon maaf atas kekurangan saya, dan saya akan sangat berterima kasih jika anda mau menambahkan atau memberikan link yang dapat menambahkan wawasan saya atas type-type data didalam pemrograman java.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: