Open JDK, Sun JDK dan Java Standar

Java adalah bahasa pemrogramman Sun_Microsystems yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995. Java di bikin dengan bahasa pemrogramman C, karena para pengembang itu rata-rata adalah pengguna C.

Ide pembentukan java sendiri diperuntukan untuk komponent electronik-electronik, makanya java lebih ringan di bandingkan dengan bahasa pemrograman umumnya. Java adalah bahasa pemrograman alternatif dari C/C++ yang mau tidak mau harus di akui sebagai penguasa di dunia pemrograman, apalagi di dunia linux dengan GCCnya.

lebih dari setengah software di Dunia ini di bikin menggunakan C/C++, sekarang pelan-pelan pengguna C/C++ sudah banyak yang beralih ke Java di karenakan kemapuan java sebagai bahasa pemrograman modern dalam hal menangani memori secara otomatis.

dari segi kecepatan mungkin java masih kalah dengan C/C++ tetapi dari segi kompabilitas Java jelas lebih unggul, dengan mengusung kata-kata “Once Write Run Anywhere” ini mengacu kemampuan java yang bisa berjalan di berbagai platform. java adalah pemrograman yang menggunakan compiler dan interpreter juga.

Ketika kita mengenal bahasa pemrograman, kode pertama sekali yang akan kita bikin adalah Helo World, sekarang kita akan melihat bagaimana membikin Helo Wolrd di java.

class HelloWord {

public static void main(String[] args) {

System.out.println(“Hello World”);

}

}

di dalam pemrograman java, file java kita harus sama dengan nama class kita itu sendiri. pada contoh di atas maka nama yang harus kita berikan untuk file di atas adalah HelloWord.java.

dua tahun belakangan ini java menjadi salah satu program opensource tepatnya pada tahun 2006, sun mengeluarkan product OpenJdk. begitu menariknya opensource sehingga sun harus membuka source dari program kesayangannya, yang sebelumnya kita tahu mereka bertarung habis-habisan untuk mempertahankanya dari microsoft.

sekarang kita akan mencoba menjalankan program HelloWorld.java di atas menggunakan Openjdk versi 6 di Ubuntu, pertama-tama anda harus menginstall open jdk di mesin ubuntu Anda dengan cara seperti di bawah ini :
:$ sudo apt-get -y install openjdk-6

sekarang kita mengecek apakah kompiler dan interpreternya telah terinstall dengan baik di mesin anda dengan cara mengetikan, dan versi dari kompiler dan interpreternya.

smileface@smileface-bungker:~$ javac -version

jika hasilnya seperti di bawah ini maka Kompiler(javac) telah terinstall dengan baik di komputer anda
javac 1.6.0-internal

sekarang untuk intepreternya

:~$ java -version

jika hasilnya seperti ini, selamat anda telah

java version “1.6.0”
OpenJDK Runtime Environment (build 1.6.0-b09)
OpenJDK Client VM (build 1.6.0-b09, mixed mode, sharing)

begitulah sejarah singkat sun java dan openjdk semoga dapat membantu.

reference dari postingan ini :
java-wiki
wiki-openjdk
free and open source java

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: