Mengatasi Error saat menginstall Zekr di Ubuntu Oneric

Zekr adalah applikasi Al-Qur’an yang berbasis opensource untuk operasi system GNU/Linux, tetapi sekarang Zekr sudah tersedia juga untuk pengguna operasi System Windows dan Mac.

saya pertama sekali mengenal Zekr dari teman saya ketika sedang berdiskusi tentang komputer dan agama. nah saya menginstallnya di laptop saya yang menggunakan Ubuntu 10.04 natty, dan semuanya berjalan dengan lancar. permasalahan terjadi ketika saya mengupgrade Ubuntu saya menjadi Ubuntu 11.10 oneric,  saya tidak bisa menjalankan applikasi tersebut karena ada error seperti gambar di bawah ini :

  saya uninstall lalu di install ulang lagi zekr menggunakan smart-packaging-toolkit bawaan ubuntu(apt-get) dan hasilnya lagi-lagi gagal. saya coba mengdownload langsung sourcenya dari launchpad ubuntu, di extrax dan install dan hasilnya nol.

saya tanya ke kawan,  dia cuma memberi tanggapan seperti ini ” masa sih”.

saya copy saja errornya truss paste di mesin pencarian google, akhirnya ketemu dengan link yang memberikan solusi

.

ternyata solusinya sangat simple kita hanya perlu mengubah satu baris file /home/nama_user_anda/.zerk/config/config.property

yaitu

options.browser.useMozilla = true menjadi

options.browser.useMozilla = false,

save file tersebut dan jalankan zekr.

Treeeeeteeeneeeeeeng,…. zerk langsung berjalan dengan seperti sediakala.

untuk mendownload translate/terjemahan/tafsiran

ada dua versi tafsiran untuk indonesia, satu dari orang yang tidak dikenal, yang satunya versi Muhammad Quraish Shihab.

disini tutorial cara mengginstall translatannya

http://zekr.org/wiki/How_to_add_translation

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

